Pages

 

Minggu, 19 Desember 2010

Web statis dan Dinamis

0 comments

Web statis dan Dinamis
HTML (Hypertext Markup Language) merupakan sebuah bahsa untuk menampilkan sesuatu. Dokumen HTML merupakan sebuah file teks yang berisi tag-tag, atribut-atribut, dan teks. Tag dan atribut mengatur bagaimana teks dan gambar harus ditampilkan. Pada saat browser mengirimkan request terhadap file ini, server mengirimkan file tersebut.
Karena dokumen HTML dihasilkan dari sebuah file dan bersifat statis maka untuk mengubahnya harus dilakukan dengan mengedit file HTML. Misalnya saja anda telah memiliki katalog suku cadang kendaraan yang berisi 500 jenis barang. Setiap barang memiliki informasi detil seperti ukuran, jenis bahan, atau warna yang ukurannya paling tidak 2 lembar folio. Untuk memasukan informasi 500 barang tadi diperlukan 500 dokumen HTML. Bisa anda bayangkan berapa waktu yang diperlukan untuk membuat file tersebut.
Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, dikembangkan Server Side Script. Server side script merupakan script yang dijalankan di web server untuk menghasilkan dokumen HTML.
Pada prinsipnya kita membuat dokumen HTML, kemudian meyisipkan kode-kode script di dalamnya. Dokumen HTML dapat diedit dengan mudah.
 
1.2  Web Server
Ketika browser membuat koneksi dan meminta halaman web, maka harus ada yang bertugas untuk menyediakan halaman web tersebut. Penyedia tersebut adalah Web Server yang bisa berjalan baik di windows 95-2003 atau windows NT untuk script yang ditunjang adalah ASP.

Beberapa web server yang bisa didapatkan:
·         IIS (Microsoft Internet Information Server) ver 4-5 bisa dipakai untuk windows NT server, Windows 2000, Windows XP.
·         PWS (Personal Web Server) dengan patch ASP.EXE bisa dipakai untuk windows 95-98.
·         Frontpage server bisa dipakai untuk windows 95-98
Untuk perkuliahan di pikti, digunakan IIS sebagai web servernya.

Untuk mengetahui web server IIS sudah terinstall atau belum, bisa dilihat pada Control Panel| Add or Remove Program | Add/Remove Windows Component seperti terlihat pada gambar 1.5.
Jika component IIS tersebut belum dalam kondisi tercawang, berarti komputer tersebut belum terinstall IIS. Untuk instalasinya, dibutuhkan CD Installer Windows, kemudian dicawang pada component IIS tersebut.

1.3  Konfigurasi IIS
Untuk melakukan konfigurasi IIS, bisa dijalankan dengan membuka Internet Information Sevices dari Control Panel | Administrative Tools sehingga muncul dialog seperti pada gambar 1.6.
Konfigurasi yang bisa dilakukan antara lain, untuk start/stop web server IIS, membuat Virtual Direktori untuk aplikasi web, mengatur port web server, setting connection time out, default page dan sebagainya.

1.4  ASP
Pemrograman ASP (Active Server Pages) merupakan program script sebagai alat bantu pembuatan Home Page. Halaman-halaman web akan bergerak secara dinamis dengan adanya program script yang diproses di server, sedangkan HTML cenderung statis. Gambaran umum suatu web adalah dengan pengolahan data dari client yang meminta layanan halaman  ke Web Server. Untuk sistem windows NT, maka harus memakai web server yang sudah menunjang ASP, seperti IIS ataupun PWS.
Membuat halaman web dengan ASP sama dengan membuat file HTML, tool yang digunakan bisa berbagai macam, cukup mengerti notepad, write, microsoft word atau editor khusus untuk aplikasi web seperti dreamweaver, frontpage dan lain-lain, dan ketikkan script-script dan harus disimpan dengan akhiran *.asp. juga jika ingin melakukan pemrograman server scripting sebagai cirri khan asp, tambahkan tag <% %>. Didalam tag tersebut bisa diisi pemrograman dengan vbscript, jscript yang akan di eksekusi pada server.

Perbedaan dokumen ASP dengan HTML :
·         HTML bisa langsung dibuka di browser, tanpa membutuhkan web server, sedangkan untuk menjalankan ASP membutuhkan web server.
·         HTML bersifat statis, sedangkan ASP bisa bersifat statis maupun dinamis.
·         Pada ASP, selain semua tag HTML bisa digunakan, ASP memiliki tag khusus yang menandakan pemrograman server script yaitu <% %>.

Contoh 1 : membuat web statis dengan HTML dan ASP
Langkah-langkah:
1.      Bukalah Dreamweaver MX dan ketikkan tulisan dibagian design, maka akan otomatis dibuat Tag HTML sepeti terlihat pada gambar 1.7
2.      Buat direktori bab01 di tempat web sharing yang disediakan.
3.      Simpan dengan cara pilih menu File -> Save dan arahkan ke direktori tersebut, dan beri nama nama file dengan contoh1.htm.

Untuk membuat file ASP, cukup menyimpan dengan eksistensi .asp, misalkan contoh1.asp. file ASP ini bersifat statis karena tidak terdapat tag server side.

Contoh 2 : Membuat web dinamis sederhana dengan ASP.
Langkah-langkah:
·         Bukalah Dreamweaver MX dan beri nama file contoh2.asp. pada bagian source, ketikkan kode seperti yang ditunjukan di gambar 1.8.
Keterangan :
-          Tanda <% dan %> merupakan blok untuk perintah script untik ASP.
-          Tanda <% =… %> digunakan untuk menampilkan nilai ke layar.
Fungsi now() yang berarti menampilkan waktu setiap kali di request/dipanggil sehingga data yang ditampilkan dinamis, selalu berubah setiap kali dipanggil.

Contoh 3 : Membuat Looping sederhana dengan for … next
Langkah-langkah:
·         Buat file baru pada dreamweaver dan beri nama file contoh3.asp, pada bagian source, ketikkan kode sperti yang di tunjukan di gambar 1.9.
Keterangan :
-          Tanda <% dan %> merupakan blok untuk perintah script ASP. Untuk menampilkan/ mengeluarkan nilai variabel dengan <%= namavar %>
-          Tanda <% dan %> bisa disisipkan tag HTML dengan syarat script tersebut sudah ditutup dan kelanjutan script dimulai dengan tanda <%
-          Perintah For adalah perulangan dimulai dari nilai 1 sampai 7 dan blok statemen adalah mulai For … Next
-          Jika tidak disebutkan perintah option explisit diawal halaman, pembuatan variabel bisa secara langsung tanpa didefinisikan terlebih dahulu.

0 comments:

Poskan Komentar

Popular Posts